Abstract
Pembelajaran
pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang
dirancang untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang peduli
terhadap lingkungan sekitarnya. Sikap solidaritas sosial merupakan salah
satu sikap yang ada dalam pembelajaran PPKn. Hal ini akan berhubungan
dengan prestasi belajar PPKn karena didalam prestasi belajar dapat
melihat bagaimana penguasaan siswa terhadap pengetahuan, sikap dan
ketrampilan mata pelajaran PPKn. Berdasarkan latar belakang diatas,
permasalahan yang diambil adalah 1) bagaimana Prestasi belajar PPKn
siswa MTs Negeri 02 Semarang, 2) bagaimana sikap solidaritas sosial
siswa MTs Negeri 02 Semarang, dan 3) adakah hubungan antara prestasi
belajar PPKn dengan sikap solidaritas pada sosial siswa MTs Negeri 02
Semarang.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Prestasi
belajar PPKn siswa MTs Negeri 02 Semarang, 2) untuk mengetahui sikap
solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang, dan 3) untuk mengetahui
Adakah hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas
sosial pada siswa MTs Negeri 02 Semarang. Populasidalampenelitianini
adalah siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri 02 Semarang Tahun Pelajaran
2014/2015 berjumlah 428 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik
sampling acak berstrata, sehingga responden berjumlah 191 siswa.
Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PPKn dan sikap solidaritas sosial yang dimiliki siswa.Data
dikumpulkan melalui dokumentasi dan kuesioner. Data penelitian
dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik korelasi. Hasil
penelitian menunjukkanrata-rata prestasi belajar PPKn siswa MTs Negeri
02 Semarang adalah 76,53 yang termasuk dalam kategori baik. Rata-rata
sikap solidaritas sosial siswa adalah 110,86 yang termasuk dalam
kategori cukup baik. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai nilai r
sebesar 0,226 dengan taraf kepercayaan 95% r tabel 0,148, maka r hitung
(0,226) > r tabel (0,148)jadi Ha diterima artinya terdapat hubungan
antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial pada siswa.
itas sosial pada siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah 1) Hasil
analisis dekriptif mengenai Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
PPKn di MTs Negeri 02 Semarang menunjukkan bahwa rata-rata siswa
mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik. 2)Hasil analisis
dekriptif mengenai sikap solidaritas sosial siswa di MTs Negeri 02
Semarang menunjukkan bahwa rata-rata siswa mempunyai sikap solidaritas
sosial yang cukup baik. 3) Hasil analisis korelasi antara prestasi
belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02
Semarang menunjukkan bahwa adanya hubungan antara prestasi belajar PPKn
dengan sikap solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang tahun
ajaran 2014/2015. Angka korelasi yang positif menujukkan bahwa hubungan
antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas siswa searah,
artinya jika prestasi belajar PPKn baik maka sikap solidaritas sosial
siswa juga baik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai
berikut: 1) Kepada guru diharapkan dapat meningkatkan cara mengajar nya
dengan menyeimbangkan pembelajaran kognitif dan afektif sehingga
prestasi belajar siswa baik dan sikap solidaritas sosial siswa juga
baik, 2) Kepada siswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn
karena secara tidak langsung dengan meningkatnya prestasi belajar PPKn
dapat menumbuhkan sikap solidaritas sosial siswa.
0 comments:
Post a Comment