Abstract
Pembelajaran
dalam kurikulum 2013 menekankan pembangunan karakter yang positif dan
peran aktif para peserta didik dalam proses pembelajaran. Di dalam
pembelajaran IPA, guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran sesuai dalam lampiran
peraturan menteri pendidikan nasional No.16 tahun 2007 tentang standar
kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui implementasi multimedia interaktif pada topik energi dalam
sistem kehidupan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa.
Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain
nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu kelas VII B
dan VII D SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2014/2015 semester genap
masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mencari
data awal pemahaman konsep dan karakter, metode tes dengan menggunakan
pretest dan posttest, dan metode observasi untuk memperoleh data
karakter akhir. Hasil uji thitung (5,23) lebih besar dari ttabel (1,99)
sehingga dapat disimpulkan implementasi multimedia interaktif dalam
pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep. Besarnya peningkatan
pemahaman konsep yang diukur dengan N-gain menunjukkan kedua kelas
berada pada kriteria sedang, pada kelas eksperimen (0,55) lebih besar
dibandingkan kelas kontrol (0,35). Pengukuran karakter dari keseluruhan
lima karakter menunjukkan hasil N-gain kelas eksperimen (0,31) lebih
besar daripada kelas kontrol (0,20). Peningkatan karakter pada kelas
eksperimen berada di kriteria sedang dan kelas kontrol berada pada
kriteria rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
implementasi multimedia interaktif pada topik energi dalam sistem
kehidupan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa.
0 comments:
Post a Comment