Abstract
Pembelajaran
IPA dengan menggunakan kurikulum 2013 harus menumbuhkan suasana
sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mengemukakan gagasan dan
menerapkan ide-ide mereka sendiri sesuai dengan Peraturan Menteri
Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Salah satu model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan kurikulum
2013 yang lebih berfokus pada aspek sikap dan keterampilan adalah model
pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD
berbantuan media papan dart terhadap hasil belajar siswa. Keefektifan
dilihat dari rata-rata hasil belajar dan aktivitas kelas eksperimen
lebih baik daripada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain
quasi eksperimen dengan subjek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang
tahun ajaran 2014/ 2015. Pengambilan dua kelompok sampel menggunakan
teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes, observasi, dan angket. Data yang diambil adalah hasil
belajar kognitif, afektif, dan psikomotor serta aktivitas siswa selama
mengikuti pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil
belajar dan aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas
kontrol. Ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 93% dan
kelas kontrol 70%. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan
kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 dengan kategori
sedang. Keaktifan klasikal kelas eksperimen sebesar 83% dan kelas
kontrol 70%. Analisis uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh
thitung= 3,24 lebih besar daripada ttabel= 1,99 artinya Ho ditolak dan
Ha diterima. Jadi, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik
daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media
papan dart efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan
perpindahannya.
0 comments:
Post a Comment