Abstract
Materi
bunyi merupakan materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga
pembelajaran yang dilakukan seharusnya berdasar pada pengalaman secara
langsung dan disesuaikan dengan amanat BSNP. Upaya yang dapat dilakukan
adalah dengan menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran yaitu
Teams Games Tournament menggunakan media Flash Card. Model TGT
mengandung unsur permainan yang mampu menciptakan suasana menyenangkan
saat belajar. Media Flash Card merupakan media yang mampu mengembangkan
daya ingat dan melatih kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang
dilakukan . Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan
rancangan Nonequivalent Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII E dan VIII F pada SMP 13 Magelang. Hasil penelitian pada
penilaian kognitif menunjukkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 87%
dan uji gain berkategori sedang sebesar 0,46. Sig. (2-tailed) pada
Mann-Whitney U-Test sebesar 0,01 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil
belajar secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian pada penilaian afektif dan psikomotor berkategori baik
dengan persentase skor 75% dan 71%. Tanggapan siswa terhadap
pembelajaran yang dilakukan tergolong baik dengan persentase skor rerata
74%. Penelitian ini dapat dikatakan efektif karena telah memenuhi tiga
indikator yang ditetapkan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 75%, nilai
gain berkategori sedang dan terdapat perbedaan yang signifikan antara
rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
0 comments:
Post a Comment