Wednesday, 21 December 2016

NGARUH MEDIA KOKAMI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN

PDF (PENGARUH MEDIA KOKAMI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN)
Download (12Mb)

Abstract

Komunikasi yang kurang lancar membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan oleh guru, maka dari itu dukungan media sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran IPA yang dapat diaplikasikan di kelas yaitu media Kokami. Pembelajaran menggunakan media Kokami melalui permainan dan diskusi antar kelompok mengakibatkan kemampuan kognisi siswa akan lebih dominan, selain itu akan menghidupkan aktivitas belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Kokami terhadap keterampilan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa pada tema bahan kimia dalam kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 32 Semarang dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Hasil uji perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kreatif diperoleh thitung=3,853 sedangkan ttabel= 1,671 sehingga rata-rata nilai keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.Perbedaan rata-rata aktivitas belajar didapatkan hasil thitung=3,937sedangkan ttabel= 1,671 sehingga rata-rata nilai aktivitas belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Media Kokami berpengaruh kuat terhadap keterampilan berpikir kreatif denganrb=0,632 dan media Kokami berpengaruh sedang terhadap aktivitas belajar denganrb=0,522.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver