Download (12Mb)
Abstract
Komunikasi
yang kurang lancar membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan oleh
guru, maka dari itu dukungan media sangat dibutuhkan dalam pembelajaran.
Salah satu media pembelajaran IPA yang dapat diaplikasikan di kelas
yaitu media Kokami. Pembelajaran menggunakan media Kokami melalui
permainan dan diskusi antar kelompok mengakibatkan kemampuan kognisi
siswa akan lebih dominan, selain itu akan menghidupkan aktivitas belajar
di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media
Kokami terhadap keterampilan berpikir kreatif dan aktivitas belajar
siswa pada tema bahan kimia dalam kehidupan. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental design. Penelitian
dilaksanakan di SMP Negeri 32 Semarang dengan subjek penelitian siswa
kelas VIII. Hasil uji perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kreatif
diperoleh thitung=3,853 sedangkan ttabel= 1,671 sehingga rata-rata nilai
keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih besar dari kelas
kontrol.Perbedaan rata-rata aktivitas belajar didapatkan hasil
thitung=3,937sedangkan ttabel= 1,671 sehingga rata-rata nilai aktivitas
belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Media Kokami
berpengaruh kuat terhadap keterampilan berpikir kreatif denganrb=0,632
dan media Kokami berpengaruh sedang terhadap aktivitas belajar
denganrb=0,522.
0 comments:
Post a Comment