Abstract
Guru
IPA perlu memfasilitasi siswa untuk mewujudkan suasana pembelajaran
yang aktif, inspiratif, menyenangkan, dan memotivasi siswa. Salah satu
usaha yang diperlukan guru IPA yaitu menggunakan media pembelajaran.
Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam
pembelajaran berbantuan TIK adalah komputer. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kelayakan Lectora sebagai multimedia interaktif
IPA terpadu berbasis komputer dan efektifitas multimedia interaktif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) dengan tahapan penelitian yang sudah
dimodifikasi. Prosedur penelitian meliputi identifikasi potensi dan
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi
desain, uji coba skala kecil, revisi produk 1, uji coba skala besar,
revisi produk 2, dan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangnyar sebanyak 31 siswa untuk uji
coba skala besar. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data
yang diambil dalam penelitian ini meliputi data hasil penilaian
kelayakan multimedia interaktif tahap 1 dan 2 oleh pakar, hasil belajar
siswa, dan tanggapan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan kelayakan terhadap multimedia interaktif dinyatakan layak
dengan rerata skor validasi media tahap 1 sebesar 2,63, validasi media
tahap 2 sebesar 2,77, validasi materi tahap 1 sebesar 2,39, dan validasi
materi tahap 2 sebesar 2,8. Ketuntasan klasikal siswa saat post test
mencapai 93,55% dengan normalitas gain rata-rata yang diperoleh sebesar
0,51 dan tergolong pada kriteria sedang, sedangkan perhitungan
menggunakan uji wilcoxon didapat zhitung (4,86) > ztabel (1,96)
dikategorikan pencapaian tidak signifikan. Simpulan yang dapat diperoleh
adalah pemanfaatan Lectora sebagai multimedia interaktif IPA terpadu
layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
0 comments:
Post a Comment