Abstract
Hasil
Observasi diperoleh bahwa guru jarang menerapkan metode pembelajaran
yang menarik bagi siswa, guru kurang memadukan pembelajaran dengan
fenomena alam dan guru yang kurang memacu siswa untuk memiliki sikap
ilmiah.Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran kurang menarik dan kurang
mengaktifkan siswa sehingga hasil belajar dan sikap ilmiah siswa masih
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil
belajar menggunakan metode Talking Stick dibandingkan metode lain dan
mengetahui pengaruh hasil belajar dengan Talking Stick terhadap sikap
ilmiah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMPN
11 Semarang, sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C
diambil dengan teknik purposive sampling.Rancangan penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Postest Only
Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar
kelas eksperimen sebesar 80,4% sedangkan rata-rata kelas kontrol
sebesar 76,1% dengan uji mann-witney sebesar p=0,001 < α=0,05 yang
berarti bahwa ada perbedaan yang segnifikan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Siswa yang diajar dengan menggunakan metode Talking Stick
memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan rata-rata
hasil belajar kelas kontrol dengan metode diskusi dan presentasi.
Hubungan antara hasil belajar dengan metode talking stik dan sikap
ilmiah diperoleh dengan r hitung=0,363 dan r tabel 0,349 yang berarti
bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan metode Talking Stick
dan sikap ilmiah dengan tingkat hubungan rendah. Pengaruhnya sebesar
13,22%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang tidak
mendukung dalam penelitian yang menyebabkan korelasi rendah.
0 comments:
Post a Comment