Abstract
Penelitian
skripsi ini mengungkap masalah: (1) bagaimana proses penggunaan media
malam dingin sebagai pembelajarandalam membatik motif berbasis potensi
laut, (2) bagaimana hasil pembelajaran siswa dalam membatik motif
berbasis potensi laut dengan media malam dingin. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan melalui pengamatan
terkendali. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai
berikut. Pertama, pembelajaran membatik motif berbasis potensi laut
dengan media malam dingin dilakukan melalui empat tahap, yaitu pembuatan
motif, pencantingan, pewarnaan, dan pelorodan. Kedua, pembelajaran
siswa dalam membatik motif berbasis potensi laut dengan media malam
dingin pada kelas V SD Negeri Degayu 02 Pekalongan pada pengamatan
terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan hasil nilai
rata-rata baik. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada
pengamatan terkendali 1 mencapai 80,1 sedangkan pada pengamatan
terkendali 2 mencapai 86,5 dengan demikian nilai rata-rata termasuk
dalam kategori baik (80,1-86,5), bahkan terdapat 13 siswa mencapai
kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran
sebagai berikut. Pertama saran khusus, dalam hal pelekatan malam dingin
yang masih mblobor disarankan agar menggoreskan dengan tarikan yang
tidak ragu-ragu dan lebih sering latihan dengan alat canting khusus.
Dalam hal pewarnaan yang masih tidak rata dan pemberian warna yang masih
keluar dari motif, disarankan agar lebih berhati-hati dan lebih teliti
pada waktu memberikan warna supaya hasilnya lebih rata dan rapi. Dalam
hal pelorodan, malam yang masih melekat atau belum terlepas dengan
sempurna, disarankan untuk memaksimalkan merendam kain dalam larutan
waterglass selama 15 menit, kemudian bilas dan dikucek, dengan begitu
malam akan mudah dihilangkan dan akan terlepas dengan sempurna.Kedua
saran umum, guru dapat menggunakan media malam dingin sebagai salah satu
alternatif dalam pembelajaran batik karena media malam dingin ini
mudah, praktis, dan aman digunakan terlebih untuk siswa sekolah dasar
0 comments:
Post a Comment