Abstract
Evaluasi
profesionalitas guru dianggap suatu hal yang penting karena dengan
adanya evaluasi akan dapat diketahui bagaimana tingkat profesionalitas
dan kualitas guru seni rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang dalam
menjalankan tugasnya. Berdasarkan itu, peneliti ingin membahas dua
permasalahan, yaitu (1) Bagaimana profesionalitas guru seni rupa SMP
Negeri se-Kabupaten Batang? (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi
profesionalitas guru seni rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif. Lokasi penelitian
adalah di SMP Negeri yang telah ditunjuk dengan subjek guru seni rupa di
masingmasing sekolah. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan
dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas guru seni
rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang yang dinilai oleh kepala sekolah,
guru seni rupa, peneliti, dan siswa dengan kompetensi yang dinilai
adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial,
dan kompetensi kepribadian termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan
pengamatan dan analisis peneliti, ada beberapa faktor pendukung dan
penghambat yang mempengaruhi tingkat profesionalitas guru seni rupa di
Kabupaten Batang. Faktor pendukung adalah latar belakang pendidikan
guru, kemampuan mengajar dari masing-masing guru, dan status guru yang
sudah bersertifikat profesional. Selain faktor pendukung, ada juga
faktorfaktor yang menghambat guru dalam kegiatan pembelajaran, antara
lain keterbatasan media pembelajaran, serta sarana prasarana penunjang
mata pelajaran seni rupa. Saran yang dapat diajukan adalah: (1) Guru
seni rupa hendaknya dapat selalu meningkatkan profesionalitasnya agar
kinerjanya dapat berkembang, (2) Pihak sekolah diharapkan dapat
memberikan fasilitas yang layak untuk guru dan siswa agar pembelajaran
seni rupa berlangsung dengan baik, (3) Para pakar atau praktisi
pendidikan diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan.
0 comments:
Post a Comment