Abstract
Pemanfaatan
dan pengembangan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) wajib dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
agar relevan dengan perkembangan zaman (Arsyad, 2005:180). Banyak
pilihan bagi praktisi pendidik untuk memanfaatkan Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajarannya, antara lain:
Macromedia Flash Player, Camtasia, dan Edmodo. Edmodo merupakan salah
satu multimedia yang menawarkan sistem pembelajaran yang aktif bagi
siswa dalam belajar terutama dalam membentuk kemandirian siswa dalam
belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus pembahasan adalah (1) penerapan
pembelajaran PPKn dengan menggunakan Edmodo di kelas X TPHP A SMK
Negeri 1 Bawen dan (2) apakah penerapan Edmodo pada mata pelajaran PPKn
efektif memperkuat sikap kemandirian belajar siswa kelas X TPHP A SMK
Negeri 1 Bawen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen
dan bentuk desain dalam penelitian ini menggunakan jenis Quasi
Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group
Design. Dengan desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen dan kontrol, kemudian diberi pre test untuk mengetahui
keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Setelah dilaksanakan treatment, kemudian diberi post test untuk
mengetahui kondisi akhir dari kelompok eksperimen maupun kontrol.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPHP (A, B, C, dan D)
dan X ATU semester genap di SMK Negeri 1 Bawen tahun pelajaran
2014/2015. Sedangkan sampelnya adalah kelas X TPHP A sebagai kelas
eksperimen dan kelas X ATU sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) penerapan Edmodo dalam pembelajaran PPKn pada
kelas X TPHP A SMK Negeri 1 Bawen menjadikan siswa lebih antusias
mengikuti kegiatan pembelajaran, lebih terampil dalam mencari sumber
belajar maupun mengerjakan tugas, dan hasil belajar meningkat. (2) sikap
kemandirian belajar siswa meningkat secara signifikan setelah
diterapkan pembelajaran PPKn dengan menggunakan Edmodo pada siswa kelas X
TPHP A dibandingkan X ATU sebagai kelas kontrol. Berhubung Edmodo bisa
meningkatkan sikap kemandirian belajar siswa, maka saran yang dapat
diberikan adalah (1) sekolah menyediakan berbagai fasilitas penunjang
kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Edmodo, (2) sekolah
mengadakan pelatihan untuk guru tentang penerapan pembelajaran dengan
menggunakan Edmodo, dan (3) guru hendaknya mempunyai kesadaran yang
tinggi untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Edmodo disetiap
mata pelajarannya.
0 comments:
Post a Comment