Abstract
Pembelajaran
IPA menurut Kurikulum 2013 mengimplementasikan pendekatan saintifik
sehingga diharapkan pembelajaran berbasis inkuiri. Pembelajaran ini
diharapkan mampu memicu kreativitas dan memperkuat karakter peserta
didik. Kreativitas dapat ditanamkan melalui pembelajaran berbasis
teknologi atau ICT sehingga peserta didik dapat memecahkan permasalahan
secara mudah. Penanaman karakter dapat meminimalisir terjadinya
penyimpangan budaya melalui nilai-nilai luhur Pancasila yang disisipkan
pada kegiatan pembelajaran. Penekanan karakter dan kreativitas peserta
didik dapat dilakukan melalui pemberian tugas mandiri berbasis inkuiri
menggunakan ICT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh lembar tugas mandiri berbasis inkuiri menggunakan ICT dalam
menanamkan kreativitas dan karakter peserta didik. Desain dari
penelitian ini adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk
nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik SMP 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2014/2015 kelas VIIF
sebagai kelas kontrol dan kelas VIIG sebagai kelas ekperimen. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk
mencari data awal pemahaman konsep peserta didik, metode tes dengan
menggunakan post-test only design dan metode observasi untuk memperoleh
data karakter dan kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tingkat kreativitas, karakter dan pemahaman konsep peserta didik kelas
eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang telah ditegaskan melalui
uji t. Pembelajaran IPA tema klasifikasi berbasis inkuiri menggunakan
ICT memberikan kontribusi sebesar 39.079% terhadap pencapaian tingkat
kreativitas peserta didik dan 49.655% terhadap pencapaian tingkat
karakter di kelas eksperimen. Pembelajaran berbasis inkuiri dapat
menjadi sarana peserta didik mengembangkan kreativitasnya melalui
keterampilan proses ilmiah. Keberadaan ICT dapat menunjang terbentuknya
kreativitas karena memberikan kemudahan peserta didik dalam belajar.
Model dan media pembelajaran ini juga dapat dijadikan sebagai sarana
untuk menanamkan karakter peserta didik sehingga dapat dijadikan
kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik yang telah dibekali
karakter yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dipercaya mampu
meminimalisir terjadinya penyimpangan budaya Indonesia. Berdasarkan
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tema klasifikasi
berbasis inkuiri menggunakan ICT dapat memberikan pengaruh yang kuat dan
positif terhadap tingkat kreativitas dan karakter peserta didik.
0 comments:
Post a Comment