Abstract
Pemerintah
dengan kebijakannya terkait dengan pendidikan karakter telah berupaya
untuk membenahi sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu bahan ajar
yang dapat digunakan oleh guru sebagai suplemen dalam pembelajaran
adalah LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan
keefektifan LKS IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) guna
menumbuhkan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media LKS IPA berbasis PBL layak digunakan karena mempunyai nilai
kelayakan dari segi materi sebesar 86,7%, segi kebahasaan sebesar 93,75%
dan segi penyajian sebesar 95,2% dengan kriteria sangat layak.
Keefektifan LKS IPA berbasis PBL digunakan untuk mengukur hasil belajar
kognitif dan kemandirian siswa. Penilaian dilakukan dengan menggunakan
analisis nilai pretest dan posttest serta observasi. Hasil belajar
kognitif dianalis menggunakan uji N-gain yang menunjukkan peningkatan
sedang yaitu 0,39 untuk kelas VII H dan 0,36 untuk kelas VII I.
Kemandirian siswa juga mengalami peningkatan di setiap pertemuannya
yaitu meningkat dari observasi awal yang menunjukkan kriteria baik
menjadi sangat baik. Dengan demikian, LKS IPA berbasis PBL dapat
dinyatakan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar
dan kemandirian siswa.
0 comments:
Post a Comment