Abstract
Berdasarkan
observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Sragen dan SMA Negeri 3
Sragen, wawancara dan hasil angket menunjukkan bahwa 78,3% siswa
mengalami kesulitan memahami materi biologi khususnya materi sistem
peredaran darah manusia menggunakan modul yang tersedia. Data hasil
evaluasi siswa SMA Negeri 3 Sragen tahun 2013/2014 menunjukkan bahwa 57%
siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk materi
sistem peredaran darah manusia. Tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan, mengetahui kelayakan, mengkaji efektifitas dan mengkaji
kepraktisan e-module berbasis kasus materi peredaran darah manusia.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sragen dan SMA Negeri 3 Sragen
dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Uji coba
produk skala terbatas/kecil dilakukan pada 10 siswa di SMA Negeri 2
Sragen dengan metode purposive sampling. Sampel uji coba pemakaian skala
luas dilakukan di kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Sragen
menggunakan desain penelitian One Group Pretest and Posttest. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis kasus materi peredaran
darah manusia layak digunakan dengan perolehan rata–rata penilaian dari
tiga validator materi adalah 96,1% (sangat layak) dan rata-rata
penilaian dari tiga validator media adalah 97,2% (sangat layak).
Tanggapan siswa pada uji coba skala kecil adalah 87,25% (sangat layak).
E-module berbasis kasus materi peredaran darah manusia efektif digunakan
dalam pembelajaran dengan perolehan hasil belajar siswa untuk kedua
kelas mencapai ketuntasan klasikal sebesar 92,2% dan rata-rata hasil
tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 2 diperoleh persentase
sebesar 92,1% (sangat layak) dan rata-rata hasil tanggapan siswa uji
skala luas kelas XI IPA 4 adalah 90,9% (sangat layak). Rata-rata
tanggapan guru mencapai 94,4% (sangat layak). Hasil uji kepraktisan
menunjukkan rata-rata hasil tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 2
diperoleh persentase sebesar 92,9% (sangat praktis) dan rata-rata hasil
tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 4 adalah 91,8% (sangat
praktis). Rata-rata tanggapan guru mencapai 90,6% (sangat praktis).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-
module berbasis kasus materi peredaran darah manusia layak, efektif, dan
praktis digunakan dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar
siswa.
1 comments:
cara dapat full versinya gimana?
Post a Comment