Abstract
Lembar
Kerja Siswa untuk mata pelajaran IPA harus disesuaikan dengan
pendekatan pembelajaran IPA, salah satu pendekatan yang disarankan yaitu
pendekatan keterampilan proses dan terpadu antara biolagi dan fisika.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan LKS IPA terpadu
bermuatan karakter cinta lingkungan pada tema pencemaran lingkungan dan
mengetahui pengaruh LKS IPA terpadu dalam meningkatkan karakter cinta
lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode R & D untuk
mengembangkan LKS IPA terpadu bermuatan karakter cinta lingkungan.
Sebelum LKS diujikan pada kelas skala besar, instrumen dikonsultasikan
dan divalidasi oleh pakar, kemudian direvisi dan selanjutnya diujikan di
kelas terbatas untuk diketahui hasilnya sebagai dasar untuk uji skala
besar. Hasil dari penelitian pengembangan LKS IPA Terpadu: tanggapan
siswa pada uji skala kecil 72,98% (kriteria baik), tanggapan siswa pada
uji skala besar 85,73% (kriteria sangat baik)), tanggapan guru pada uji
skala kecil 68,75% (kriteria baik), dan tanggapan guru pada uji skala
besar adalah 93,75% (kriteria sangat baik). Karakter siswa meningkat
yaitu pada uji skala kecil 62,4% kriteria mulai berkembang dan pada uji
skala besar 87,6% dengan kriteria membudaya.
0 comments:
Post a Comment