Tuesday, 6 December 2016

PENGEMBANGAN MEDIA STUDY CARD DALAM MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SOFT SKILL KONSERVASI TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Download (6Mb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media study card dalam model PBL terhadap hasil belajar dan soft skill konservasi siswa tema energi dalam sistem kehidupan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII di suatu SMP sebanyak 60 siswa tahun ajaran 2014/ 2015. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D). Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kelayakan media study card, hasil belajar siswa, soft skill konservasi siswa, dan respon siswa dan guru yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media study card yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Penerapan media study card dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dengan N-gain sebesar 0,66 (sedang) dan uji t menunjukkan hasil yang signifikan. Pada aspek ketrampilan menunjukkan persentase 91% dengan kriteria sangat baik. Soft skill konservasi yang dimiliki siswa diukur melalui angket soft skill konservasi dan didukung dengan lembar observasi sikap soft skill konservasi siswa menujukkan hasil sebesar 92% pada angket konservasi dan lembar observasi sikap soft skill konservasi siswa, termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Respon siswa menunjukkan persentase rerata sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Respon guru menunjukkan persentase rerata sebesar 89,58% dengan kriteria sangat baik.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver