Abstract
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan media study card dalam model PBL
terhadap hasil belajar dan soft skill konservasi siswa tema energi dalam
sistem kehidupan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII di suatu SMP
sebanyak 60 siswa tahun ajaran 2014/ 2015. Metode penelitian ini adalah
research and development (R&D). Data yang diperoleh pada penelitian
ini berupa data kelayakan media study card, hasil belajar siswa, soft
skill konservasi siswa, dan respon siswa dan guru yang dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media study
card yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Penerapan media study card dapat meningkatkan hasil belajar aspek
pengetahuan dengan N-gain sebesar 0,66 (sedang) dan uji t menunjukkan
hasil yang signifikan. Pada aspek ketrampilan menunjukkan persentase 91%
dengan kriteria sangat baik. Soft skill konservasi yang dimiliki siswa
diukur melalui angket soft skill konservasi dan didukung dengan lembar
observasi sikap soft skill konservasi siswa menujukkan hasil sebesar 92%
pada angket konservasi dan lembar observasi sikap soft skill konservasi
siswa, termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Respon siswa menunjukkan
persentase rerata sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Respon guru
menunjukkan persentase rerata sebesar 89,58% dengan kriteria sangat
baik.
0 comments:
Post a Comment