Download (3644Kb)
Abstract
Salah
satu tujuan pembelajaran sains adalah mengembangkan seluruh potensi dan
memperoleh pengalaman yang bermanfaat bagi siswa dalam penerapan metode
ilmiah. Tujuan ini akan tercapai bila didukung oleh suatu pendekatan
pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat
digunakan yaitu pendekatan Aktivitas Aesop’s berbantuan media
pembelajaran Guidance Worksheet yang meliputi keterampilan berpikir
berbasis observasi, hipotesis-deduktif, analisis data, dan inkuiri
terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
peningkatan pemahaman konsep Fisika materi kalor dan konservasi energi,
sikap ilmiah siswa, dan tanggapan siswa MAN 1 Purwokerto dengan
penerapan Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Wo rksheet. Populasi
penelitian ini adalah kelas X semester genap MAN 1 Purwokerto. Teknik
sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dan diperoleh
sampel penelitian kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X- 2
sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest
and postest group design. Hasil uji perbedaan dua rata-rata data postes
diperoleh thitung (2,3230) > ttabel (1,99) yang berarti rata-rata
kelas eksperimen lebih baik dari kontrol. Hasil uji N-gain pemahaman
konsep diperoleh rata-rata N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,73 dan
kelompok kontrol sebesar 0,60. Hasil uji N-gain setiap aspek sikap
ilmiah diperoleh rerata N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,45 dan
kelompok kontrol sebesar 0,31. Hal ini menunjukkan rata-rata sikap
ilmiah awal dan akhir kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok
kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan
Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet dapat meningkatkan
pemahaman konsep Fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X MAN 1 Purwokerto.
Kemudian dari hasil angket diketahui respon siswa terhadap pembelajaran
Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet tinggi, yaitu sebesar
92,5%
0 comments:
Post a Comment