Abstract
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap disiplin di SDN
Pujokusuman I dan SDN Wonosari I.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif komparatif. Sumber data penelitian ditentukan secara
purposive meliputi 1 kepala sekolah, 2 guru kelas, 1 guru pembimbing
ekstrakurikuler, dan 3 siswa setiap sekolah di SDN Pujokusuman I dan SDN
Wonosari I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data sesuai Miles dan Huberman,
yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian di SDN Pujokusuman I dan SDN Wonosari I menunjukkan
penanaman sikap disiplin melalui proses pembelajaran yaitu terencana
dalam RPP, serta terlaksana dalam pembelajaran dan evaluasi, serta tidak
melalui penilaian sikap disiplin. Penanaman sikap disiplin melalui
budaya sekolah yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan
pengondisian lingkungan sekolah. SDN Wonosari I menerapkan peraturan dan
pemberian hukuman untuk semua bentuk ketidakdisiplinan, sedangkan
penerapan peraturan dan hukuman di SDN Pujokusuman I masih perlu
ditingkatkan. SDN Wonosari I memberi penghargaan kepada siswa. Penanaman
sikap disiplin melalui ekstrakurikuler melalui disiplin waktu, serta
penerapan peraturan dan hukuman. Manajemen Berbasis Sekolah mendukung
penanaman sikap disiplin kepada siswa.
Kata kunci: penanaman sikap disiplin, SDN Pujokusuman I, SDN Wonosari I
0 comments:
Post a Comment