Abstract
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar
IPS dengan menggunakan flipchart pada siswa kelas V SD Negeri Kraton
Yogyakarta.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) (Model PTK Suharsimi Arikunto). Penelitian dilaksanakan pada
semester II Tahun Ajaran 2015/2016 dalam dua siklus, setiap siklus ada
dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
Kraton Yogyakarta yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen
penelitian menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi
kuantitatif.
Langkah-langkah pelaksanaan penggunaan flipchart yaitu guru mengenalkan
flipchart pada anak, memperhatikan posisi penampilan flipchart agar
semua siswa dapat melihat, siswa dibentuk setengah lingkaran, siswa
memperhatikan teks dan gambar tentang peristiwa sekitar proklamasi
kemerdekaan pada flipchart yang disampaikn guru, siswa bertanya terhadap
isi flipchart yang disajikan, siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS
kelas V SD Negeri Kraton Yogyakarta. Hasil belajar saat pra tindakan
nilai rata-rata adalah 50,70, untuk ketuntasan ada 2 siswa atau 12% dan
belum tuntas ada 15 siswa atau 88%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu
nilai 75. Pada Siklus I diperoleh hasil nilai rata-rata kelas 71,76,
ketuntasan ada 7 siswa atau 41% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 59%,
artinya ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke Siklus I, sedangkan
Siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu nilai rata-rata kelas
meningkat menjadi 84,11 dan ketuntasan ada 14 siswa atau 82% dan belum
tuntas ada 3 siswa atau 18%, dengan demikian ada kenaikan nilai
rata-rata dari Siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada Siklus II telah
memenuhi indikator keberhasilan karena ≥75% siswa sudah mencapai KKM.
Kata kunci : Kualitas Pembelajaran IPS, Media Flipchart.
0 comments:
Post a Comment